Universitas Cenderawasih

Program Wirausaha Merdeka Di Negeri Tapal Batas

15 Jul 2022 - 26 Aug 2022

Kuota : 750

Deskripsi Program

Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka sesuai Peraturan Mendikbud No. 3 Tahun 2020, memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studinya. 
Melalui program ini, terbuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya. 
Universitas Cenderawasih sebagai kampus yang mengimplementasikan program merdeka belajar, mendukung penuh implementasi Program Wirausaha Merdeka di Papua bersama dengan seluruh stakeholder.

Kegiatan yang berlangsung selama 16 minggu ini melibatkan Mahasiswa, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Mentor Eksternal, Coach/Expert serta beberapa perguruan tinggi mitra di Kota Jayapura. 
Dengan adanya program ini, diharapakan dapat  mendorong ekosistem kewirausahaan yang ada di Universitas Cenderawasih, menjembatani kerjasama dengan mitra, serta  menciptakan terobosan yang kreatif bagi UKM Kota Jayapura. juga dapat mempererat kerjasama antara Universitas Cenderawasih dengan Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Kegiatan ini ditargetkan diikuti oleh 750 mahasiswa, 75 DPL dan 30 Coach/Mentor, 30 UKM dan 5 Perguruan Tinggi Mitra. Kegiatan WM dapat mengurangi Gap yang terjadi antara Kampus sebagai institusi penyedia tenaga kerja, dengan DUDI.

Program WM terdiri dari 3 tahapan utama yaitu, preparation, onboarding dan launching. Sedangkan penilaian dan pelaporan dilakukan dengan standar yang sudah ditetapkan berdasarkan  rubrik penilaian case method. . Untuk menjamin  muru serta keberlanjutan program, dilakukan monitoring dan evaluasi secara menyeluruh, sejak tahapan awal, hingga akhir kegiatan. Akhirnya kegiatan yang akan menyerap anggaran sebesar 4.874.050.000 dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi setiap stakeholder, dan memberikan dampak bagi perkembangan ditanah Papua, Daerah Tapal Batas Indonesia.

Pitch Deck

Tenaga Pengajar

Video atau Promosi Program

Tahapan Pelaksaan Program

Tahapan Alur Proses Program Wirausaha Merdeka dapat dijelaskan sebagai berikut :
1. Pengumuman dan Sosialisasi Program Wirausaha Merdeka (WM) oleh Universitas Cenderawasih Sosialisasi melalui media sosial (Website, facebook dan twitter), website institusi, poster, spanduk, pesan singkat yang ditujukan langsung bagi mahasiswa yang telah mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K),KBMI dan PKMI. dan digelar acara Sosialisasi WM dengan mengundang mahasiswa Universitas Cenderawasih dan Mitra secara langsung, bila diperlukan.

Dalam sosialisasi disampaikan informasi tentang kegiatan Wirausaha Merdeka di perguruan tinggi, Manfaat, Pedoman, dan penjadwalan program yang meliputi pendaftaran, seleksi, pendanaan, dan proses pendampingan yang akan dilakukan selama kegiatan WM. Selain itu juga sosialisasi dilakukan kepada Mitra UKM untuk dapat menjaring semakin banyak mitra yang akan ditempatkan. Mitra difokuskan kepada UKM yang terdapat dilingkungan kota Jayapura, dan mempunyai usaha yang telah berjalan minimal satu tahun dengan omzet lebih dari 2 milyar. Selain itu sosialisasi juga akan diarahkan kepada Stakeholder di lingkungan Universitas Cenderawasih dan Mitra, untuk memastikan keberlanjutan kegiatan ini.
2. Seleksi Kegiatan ini bertujuan untuk menilai kesiapan mahasiswa yang akan menjalani program kewirausahaan mandiri, dan melakukan verifikasi memastikan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini, sesuai dengan kriteria peserta. Pola rekruitmen mahasiswa Program Mahasiswa Wirausaha Merdeka melalui pendaftaran calon peserta PMW Via online di Error! Hyperlink reference not valid. dengan penjaringan peminatan mahasiswa melalui 2 (dua) tahap: 1) Tahap I (seleksi administrasi) berupa penilaian mahasiswa, motivasi serta metode desk evaluation 2) Tahap II (Seleksi Wawancara). Waktu wawancara yang diberikan sekitar 5-10 menit, oleh reviewer yaitu dosen pembimbing lapangan. Adapun indikator yang digunakan untuk menilai kelayakan mahasiswa calon peserta meliputi: 
a. alasan mengikuti program
b. kesanggupan mengikuti program
c. kesediaan untuk bekerjasama dalam team dalam rentang waktu tertentu.
Setelah proses Seleksi; Pengelola akan mengumumkan kelolosan peserta kegiatan melalui website resmi serta ada letter of acceptance  yang diterbitkan oleh universitas pelaksana.
Program berjalan terdiri dari tiga tahapan sebagai berikut :
3. Persiapan (Preparation)
Dalam tahapan persiapan, peserta berfokus pada waktu belajar, persiapan, dan pelatihan mandiri. Peserta diarahkan untuk memahami bagaimana mindset berpikir, skill yang dibutuhkan ketika terjun dalam UKM, serta bagaimana mekanisme yang akan digunakan dalam pelaporan dengan program Wirausaha Merdeka.
4. Pelaksanaan (Onboarding)
Dalam tahapan onboarding, peserta akan langsung terlibat dalam Melakukan Identifikasi Alur Bisnis dan Permasalahan yang dialami oleh UKM. Mahasiswa akan terjun langsung di UKM bersama Dosen Pembimbing lapangan, Mentor UKM dan Konsultan Bisnis untuk melakukan kajian tentang permasalahan yang dihadapi oleh UKM atau tindakan praktis yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari UKM tersebut. Berdasarkan masalah tersebut, peserta akan Menyusun alternatif solusi untuk menyelesaikan permasalahan UKM serta Melakukan uji coba untuk sertiap solusi. Sedangkan tahap reporting, dilakukan penyusunan serta validasi ide bisnis, dan penyusunan laporannya

5. Launching

Pada tahapan ini, mahasiswa diarahkan untuk membuat laporan kegiatan. Dokumentasi kegiatan secara terus menerus akan dilakukan melalui aplikasi, yang akan selalu dipantau oleh dosen pembimbing lapangan.

6. Monitoring dan evaluasi

Monev dilaksanakan selama kegiatan berlangsung. Mahasiswa akan memberikan laporan melalui sistem MSIB dapat langsung terpantau oleh Dosen Pembimbing Lapangan. Selain itu proses monitoring selama onboarding juga akan selalu dilakukan oleh mentor di UKM. Dengan adanya monitoring dan evaluasi yang berkesinambungan, Mahasiswa dapat melakukan aktivitas sesuai dengan kegiatan yang diharapkan.

Mata Kuliah Konversi

NoMK WAJIBKREDIT
1

3
4
Kewirausahaan
Literasi Digital
Bahasa  Inggris
Seminar
Manajemen Proyek
2

2
2
2
NoMK PILIHANKREDIT
1
2
3
4
5
6
7
Model Bisnis
Design Thingking
Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Bisnis
Digital Marketing dan Visualisas Produk
Pitch Deck dan  Presentasi Bisnis
Manajemen Proyek
Kepemimpinan
3
3
3
3
3
3
3
   
   

Kriteria dan Syarat Wajib

1. Mahasiswa aktif dari program studi pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). 2. Mahasiswa yang terdaftar pada saat pelaksanaan program dengan kriteria:     a. minimal berada pada paling rendah semester 3 (tiga) untuk program pendidikan Vokasi (D2/D3/D4)     b. minimal berada pada paling rendah semester 5 (lima) untuk program S1     c. tidak dibatasi semester untuk program Pascasarjana (S2 dan S3) baik untuk Perguruan Tinggi Akademik maupun Vokasi. 3. Melengkapi administrasi dan berkas yang diperlukan sebagai berikut:     a. Surat Rekomendasi (Ketua Program Studi dan Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang akademik Untuk Mengikuti Program).     b. Surat Pernyataan Tidak Sedang Menempuh MBKM     c. Surat Izin Mengikuti Program     d. Surat Pernyataan Mahasiswa Peserta Program     e. Transkrip Nilai Sementara

Kriteria dan Syarat Tambahan Peserta

N.A