Universitas Udayana

Wirausaha Merdeka Universitas Udayana 2022 (Mahasiswa Wirausaha : Membangun Mindset, Bukan hanya Omzet)

15 Jul 2022 - 26 Aug 2022

Kuota : 750

Deskripsi Program

Universitas Udayana berada di dalam salah satu pusat kawasan warisan budaya dunia, yang mengandung nilai peradaban yang sangat tinggi, yaitu kebudayaan Bali, dan pusat perdagangan jasa pariwisata internasional terkemuka, yaitu pusat perdagangan jasa pariwisata internasional Indonesia, yang memungkinkan Universitas Udayana menyajikan suatu kultur dan lingkungan pendidikan yang khas yang tidak disajikan oleh lembaga pendidikan tinggi lain di seluruh dunia.

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) merupakan program unggulan dan bagian dari strategi dalam pengembangan kewirausahaan mahasiswa di Unud.  Dimaksudkan untuk memfasilitasi para mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat kewirausahaan untuk memulai berwirausaha dengan basis Ipteks yang sedang dipelajarinya. Fasilitas yang diberikan meliputi : (1) pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, (2) magang wirausaha, (3) Bootcamp untuk penyusunan rencana bisnis, (4) dukungan permodalan dan (5) pendampingan usaha. Program ini diharapkan mampu mendukung visi-misi pemerintah dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui penciptaan lapangan kerja serta pemberdayaan UMKM.

Program Wirausaha Merdeka (WMK) yang dilaksanakan di Universitas Udayana merupakan pengembangan dari program kewirausahaan mahasiswa yang sudah berjalan yang diintegrasikan dengan program kampus merdeka. Mengingat  bahwa program WMK  merupakan salah satu dari Bentuk kegiatan Pembelajaran kampus Merdeka (BKP-MBKM), maka program WMK dalam pelaksanaannya di bawah koordinasi Koordinator MBKM Universitas Udayana.

hashtag : membangun mindset bukan hanya omset

Pitch Deck

Tenaga Pengajar

Video atau Promosi Program

Tahapan Pelaksaan Program

Pelaksanaan program dimulai dengan memantik minat dan semangat mahasiswa dalam berwirausaha di lanjutkan dengan menanamkan mindset dan kompetisi dasar di bidang kewirausahaan melalui pembelajaran secara daring dengan konsep e-learning dilanjutkan dengan meningkatkan pengalaman wirausaha dan daya kerja mahasiswa melalui magang di UKM/UMKM. Berikutnya kapasitas dan kualitas wirausaha mahasiswa melalui bootcamp dan pendampingan konsultan ahli.

SOP Pelaksanaan Program

  1. Peserta mengikuti kegiatan orientasi program dan pemunculan minat mahasiswa dalam berwirausaha
  2. Peserta mengikuti workshop untuk  menanamkan mindset da kompetensi dasar di bidang kewirausahaan
  3. Peserta mengikuti magang kewirausahaan di UKM/UMKM
  4. Peserta mengikuti Bootcamp kewirausahaan
  5. Peserta mengikuti pendampingan melalui kelas konsultasi oleh konsultan bisnis bereputasi
  6. Peserta mengikuti Invesment summit mempresentasikan gagasan bisnis kepada investor.
  7. Monitoring dan evaluasi

Input program adalah mahasiswa UNUD dan mahasiswa PTN/PTS di luar Unud yang memiliki dasar pengetahuan, minat, dan bakat kewirausahaan, serta minimal duduk di semester 5. Mahasiswa pelamar selanjutnya akan diseleksi oleh tim pengelola. Seleksi dilakukan secara administratif dan wawancara. Mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi selanjutnya akan diproses untuk menandatangani kontrak dan membuat surat tanggung jawab mutlak (SPTJM). 

Mata Kuliah Konversi

Mata Kuliah Konversi

  1. Kewirausahaan 3 SKS
  2. Valuasi dan Komersial Teknologi 3 SKS
  3. Teknik Komunikasi 3 SKS
  4. Pemberdayaan Masyarakat 4 SKS
  5. Metode Ilmiah 2 SKS
  6. Praktik Kerja Lapangan 3 SKS
  7. Manajemen Pemasaran 2 SKS
  8. Desain Produk 2 SKS
  9. Formulasi dan Teknologi Non Steril 2 SKS
  10. Integrated Marketing Communication 3 SKS
  11. Komunikasi Organisasi 3 SKS
  12. Komunukasi Pariwisata 3 SKS
  13. Manajemen Humas 3 SKS
  14. Desain Komunikasi Visual 2 SKS

Kriteria dan Syarat Wajib

1. Mahasiswa aktif dari program studi pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). 2. Mahasiswa yang terdaftar pada saat pelaksanaan program dengan kriteria:     a. minimal berada pada paling rendah semester 3 (tiga) untuk program pendidikan Vokasi (D2/D3/D4)     b. minimal berada pada paling rendah semester 5 (lima) untuk program S1     c. tidak dibatasi semester untuk program Pascasarjana (S2 dan S3) baik untuk Perguruan Tinggi Akademik maupun Vokasi. 3. Melengkapi administrasi dan berkas yang diperlukan sebagai berikut:     a. Surat Rekomendasi (Ketua Program Studi dan Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang akademik Untuk Mengikuti Program).     b. Surat Pernyataan Tidak Sedang Menempuh MBKM     c. Surat Izin Mengikuti Program     d. Surat Pernyataan Mahasiswa Peserta Program     e. Transkrip Nilai Sementara

Kriteria dan Syarat Tambahan Peserta

  1. Memiliki motivasi yang kuat dalam berwirausaha
  2. Memiliki commitment dan bertanggung jawab untuk mengikuti setiap tahapan program
  3. Mengunggah sertifikat vaksinasi covid-19 yang terakhir