Universitas Riau

Program Wirausaha Merdeka Akselerasi Pertumbuhan Entrepreneur Muda (WMK Aksi Pemuda) Universitas Riau

15 Jul 2022 - 26 Aug 2022

Kuota : 750

Deskripsi Program

Universitas Riau sebagai Perguruan Tinggi penyelenggara Program Wirausaha Merdeka Tahun 2022 ini ikut serta dalam mendukung tumbuh kembangnya wirausaha di tingkat mahasiswa. Untuk itu program Wirausaha Merdeka yang akan diinisiasi oleh Universitas Riau bernama Akselerasi Pertumbuhan Entrepreneur Muda Universitas Riau yang disebut WMK AKSI PEMUDA. Program ini berisikan bentuk pembelajaran wirausaha berupa persiapan pengetahuan kewirausahaan (matrikulasi), praktik langsung berwirausaha yang dilakukan secara terencana dan implementasi program wirausaha berupa festival WMK AKSI PEMUDA UNRI yang meliputi ide bisnis dan launching produk kepada customer dan investor. Kegiatan wirausaha merdeka dimulai dari mengingatkan kembali pentingnya mengembangkan mental wirausaha, memberikan ilmu dan pemahaman serta praktik langsung di UMKM, dan membantu mahasiswa mengkreasikan ide bisnisnya ke dalam program. Selain itu kegiatan ini mengakselerasi mahasiswa; yaitu mahasiswa yang probabilitas rendah untuk mendapatkan pekerjaan untuk dapat menjadi entrepreneur muda. Kegiatan wirausaha dapat berwujud produk atau layanan jasa. Program wirausaha merdeka ini diharapkan dapat mengakselerasi lahirnya entrepreneur muda dari kalangan kampus yang dapat membuka kesempatan kerja secara luas. 
Program WMK AKSI PEMUDA ini digagas dengan mempertimbangkan pengalaman pengelolaan yang telah dilakukan di Universitas Riau. Inovasi yang dilakukan yang menjadi pembeda program wirausaha yang telah berjalan yang akan dikembangkan dalam Program WMK AKSI PEMUDA adalah pengalaman dalam pengelolaan UMKM mitra dan mendesain prototipe usaha yang akan ditampilkan pada Festival WMK AKSI PEMUDA Universitas Riau di penghujung program. Kegiatan WMK AKSI PEMUDA akan dilangsungkan di Mitra Universitas Riau yang tersebar di wilayah Provinsi Riau.

Pitch Deck

Tenaga Pengajar

Video atau Promosi Program

Tahapan Pelaksaan Program

Tahap 1: Matrikulasi 

Tahap 1 dirancang untuk mengingatkan kembali (remembering) dan memberikan pemahaman (understanding) mengenai wirausaha merdeka kepada peserta program. Rangkaian kegiatan pada Tahap 1 diantaranya adalah: 

  1. Peserta program memahami proses bisnis, tantangan dan solusinya.
  2. Pembekalan secara e-learning melalui LMS UNRI (self learning) berupa mindset development, skill development seperti business operational, organization dan entrepreneur soft skill.
  3. Pembekalan ini didampingi oleh dosen pembimbing lapangan dan konsultan bisnis/coach.

 

Tahap 2: Tahap Praktik Wirausaha 

Tahap 2 dirancang untuk memberikan kemampuan applying, analysis, dan evaluating kondisi riil yang dihadapi UMKM kepada peserta program. Rangkaian kegiatan pada Tahap 2 diantaranya adalah:

  1. Peserta program masuk langsung ke dalam bisnis mitra UMKM untuk praktik memahami bisnis, mendapatkan pengalaman langsung terhadap permasalahan riil yang dihadapi UMKM. Peserta program didampingi oleh mentor dari UMKM, dosen pembimbing lapangan dan konsultan bisnis/coach selama 10 minggu.
  2. Pada tahap ini mahasiswa peserta belajar langsung mengidentifikasi bisnis proses dan permasalahan yang dihadapi UMKM (problem diagnosis).
  3. Selanjutnya mahasiswa peserta program belajar membuat model penyelesaian masalah yang dihadapi UMKM (problem solving analysis).
  4. Setelah membuat rancangan solusi, tahap selanjutnya implementasi solusi tersebut. Membuat prototype, mengimplementasikan dan mengevaluasi rencana yang telah dibuat.
  5. Peserta memiliki rumusan pemosisian pasar (positioning), keunikan (differentiation), dan branding yang kuat untuk mendukung solusi dari permasalahan UMKM yang telah disepakati.

 

Tahap 3: Tahap Implementasi Program Wirausaha

Tahap 3 peserta program diarahkan untuk mengkreasi (creating) ide bisnis, model bisnis hingga launching product UMKM dengan strategi yang sesuai. Rangkaian kegiatan pada Tahap 3 diantaranya adalah:

  1. Peserta menyusun ide bisnis berdasarkan solusi yang telah diujicobakan pada tahap 2.
  2. Peserta memiliki sebuah model bisnis sebagai produk andalan yang siap diluncurkan ke pasar potensial sesuai dengan ide bisnis tersebut.
  3. Peserta memiliki strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk memasarkan produk UMKM.
  4. Peserta program memvalidasi ide bisnisnya melalui launching/re-launching produk UMKM pada Festival WMK AKSI PEMUDA yang menghadirkan customer dan investor potensial.

Mata Kuliah Konversi

Ketentuan beban sks (satuan kredit semester) bagi peserta dalam kegiatan ini mencapai total 20 sks atau setara dalam satu semester kegiatan mahasiswa. Penghitungan satuan kredit semester untuk pembelajaran di luar kampus setara dengan 170 (seratus tujuh puluh) menit per minggu per semester. Satu satuan kredit semester (sks) selama satu semester setara dengan 2.720 (dua ribu tujuh ratus dua puluh) menit kegiatan mahasiswa (45,3 jam kegiatan). Jadi 20 sks setara dengan 54.400 (lima puluh empat ribu empat ratus) menit kegiatan atau 906 jam kegiatan.

Bobot sks dari setiap mata kuliah ditentukan berdasarkan CPL yang dibebankan kepada mata kuliah, yang diformulasikan lebih spesifik menjadi CPMK dan Sub-CPMK, serta pengalaman belajar mahasiswa melalui bentuk-bentuk, metode-metode dan asesmen pembelajaran selama 16 minggu pembelajaran.

Pengakuan Kredit 20 SKS untuk Program WMK AKSI PEMUDA Universitas Riau terdiri dari:

  1. Mata Kuliah Wajib (3x2 sks = 6 sks)
  2. Mata Kuliah Pilihan (3x 2 sks = 6 sks)
  3. Mata Kuliah Hard Skill (3x 2 sks = 6 sks)
  4. Seminar (2 sks)

Rincian Matakuliah Wajib dan Mata Kuliah Kompetensi untuk Program WMK AKSI PEMUDA Universitas Riau terdiri dari:

Mata Kuliah Wajib (7 sks)

  1. Kewirausahaan (2 sks)
  2. Literasi Digital (1 sks)
  3. Bahasa Inggris (2 sks)
  4. Seminar (2 sks)

Mata Kuliah Kompetensi (15 sks)

  1. MK Hardskills / Softskills 1 (3 sks)
  2. MK Hardskills / Softskills 2 (3 sks)
  3. MK Hardskills / Softskills 3 (3 sks)
  4. MK Hardskills / Softskills 4 (3 sks)
  5. MK Hardskills / Softskills 5 (3 sks)

 

Ekivalensi sks yang dipergunakan untuk Program Wirausahaan Merdeka adalah yaitu: 

Workshop Kewirausahaan (Total 21 sks)

  1. Design Thinking dan Noble Purpose (3 sks)
  2. Unique Selling Proposition (3 sks)
  3. Business Model (Customer Pain and Gain) (3 sks)
  4. Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Bisnis (3 sks)
  5. Analisis Biaya Produksi & Investasi (Harga Pokok Penjualan/HPP), Transaksi Bisnis (3 sks)
  6. Digital Marketing dan Visualisasi Produk (3 sks)
  7. Pitch Deck dan Presentasi Bisnis (3 sks)

Kegiatan Program Wirausaha Merdeka 

Kegiatan Wirausaha Mata kuliah setara Ekivalensi sks
Penyusunan Proposal Proposal Bisnis 3
Strategi Pemasaran Pemasaran/e-Marketing 3
Strategi Bisnis Strategi Bisnis 3
Pengelolaan Keuangan Pengelolaan Keuangan 3
Penciptaaan Produk Produksi 3
Penugasan dan Tanggungjawab Tim Manajemen SDM 3
Pendampingan Wirausaha Kewirausahaan/Simulasi Bisnis 3

Kriteria dan Syarat Wajib

1. Mahasiswa aktif dari program studi pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). 2. Mahasiswa yang terdaftar pada saat pelaksanaan program dengan kriteria:     a. minimal berada pada paling rendah semester 3 (tiga) untuk program pendidikan Vokasi (D2/D3/D4)     b. minimal berada pada paling rendah semester 5 (lima) untuk program S1     c. tidak dibatasi semester untuk program Pascasarjana (S2 dan S3) baik untuk Perguruan Tinggi Akademik maupun Vokasi. 3. Melengkapi administrasi dan berkas yang diperlukan sebagai berikut:     a. Surat Rekomendasi (Ketua Program Studi dan Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang akademik Untuk Mengikuti Program).     b. Surat Pernyataan Tidak Sedang Menempuh MBKM     c. Surat Izin Mengikuti Program     d. Surat Pernyataan Mahasiswa Peserta Program     e. Transkrip Nilai Sementara

Kriteria dan Syarat Tambahan Peserta

Syarat tambahan WMK Aksi Pemuda UNRI dijadikan dalam satu dokumen (pdf) yg terdiri dari:

  1. Mahasiswa memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ≥ 2.5 dibuktikan dengan Scan Kartu Hasil Studi Mahasiswa 
  2. Mahasiswa telah mendapatkan minimal vaksin dosis ke dua (Scan Bukti Vaksin) 
  3. Mahasiswa dalam kondisi sehat yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat yang dikeluarkan oleh Dokter dari Rumah Sakit, Puskesmas atau Pusat kesehatan lainnya