Politeknik Negeri Batam

Pengembangan Program Wirausaha Merdeka Melalui Pendidikan Kewirausahaan Dengan Metode Project Based Learning (PBL) Untuk Menciptakan Wirausaha Berbasis IPTEK Di Politeknik Negeri Batam

15 Jul 2022 - 26 Aug 2022

Kuota : 800

Deskripsi Program

Skema dan alur pengembangan Program Wirausaha Merdeka di Politeknik Negeri Batam menggunakan metode Project Based Learning (PBL). Program ini menggunakan proyek/kegiatan sebagai media pembelajaran. Peserta akan melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai output berbasis wirausaha. Mahasiswa harus menghasilkan artefak/produk untuk menunjukkan penguasaan konten mereka. Ekosistem PBL akan mengintegrasikan pembelajaran dari semua prodi dan jurusan untuk bisa menyesuaikan, mengikuti dan pengakuan kegiatan dalam SKS matakuliah yang beririsan dan terkait dengan pengembangan usaha mahasiswa. Integrasi mata kuliah ini akan mengakomodir semua prodi, jurusan dan perguruan tinggi lainnya yang terlibat sehingga menjadi kontribusi penting dalam MBK. Pelaksanaan program akan didampingi oleh sumber daya terlatih dibidangnya. Monitoring dan evaluasi dilaksanakan secara bertahap dan dilakukan per output kegiatan. Selain proses pembelajaran berbasis proyek, kegiatan kegiatan lain juga akan dilakukan seperti kegiatan pembinaan dan pendampingan, lokakarya temu usaha dengan pengusaha lain sehingga bisa meningkatkan motivasi dan kompetensinya dalam berwirausaha, serta terjalinnya hubungan staregis mahasiswa peserta program dengan para pengusaha. Selain itu, terdapat kegiatan Pesta Wirausaha Merdeka dimana perguruan tinggi akan mengirim tenant mahasiswa, serta kegiatan kompetisi bisnis matching dan pitching untuk meningkatkan kompetensi dan uji kelayakan produk untuk pasar.

Pitch Deck

Tenaga Pengajar

Video atau Promosi Program

Tahapan Pelaksaan Program

ALUR PELAKSANAAN PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA POLIBATAM
1. Persiapan (Minggu ke-1 s.d. ke-3 Juli 2022)
- Melakukan pemetaan kewirausahaan berbasis IPTEK dan rumpun keilmuan jurusan.
- Mempersiapkan kurikulum kewirausahaan berbasis PBL dan menyiapkan program wirausaha merdeka berbasis PBL.
- Menyiapkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran wirausaha merdeka berbasis PBL.
2. Pendaftaran (Minggu ke-1 s.d. ke-4 Juli 2022)
Perekrutan program WM melalui MBKM (ada tim perekrutan dan menyediakan form sesuai prosedur MBKM) dan melakukan proses wawancara dan psikotes bersama psikolog.
3. Pembelajaran & Pembimbingan (Minggu ke-3 Agustus s.d. ke-4 November 2022)
- Pelaksanaan PBM.
- Magang usaha, belajar ke industri.
- Studi pembelajaran (kunjungan usaha berbasis klaster, misal jasa, teknologi, dll).
- Monitoring dan evaluasi laporan akhir mahasiswa.
- Training on trainer untuk coach dan sertifikasi pendamping.
- Melaksanakan sertifikasi sebagai pengusaha (mahasiswa).
- Melaksanakan kegiatan pembinaan dan pendampingan secara komprehensif.
- Melaksanakan lokakarya temu usaha dengan pengusaha.
4.  Mentoring & Evaluasi (Minggu ke-1 Desember 2022)
- Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan asosiasi komunitas pengusaha (misal HIPMI, KADIN, DLL).
- Peserta wirausaha merdeka di perguruan tinggi mengirim tenant mahasiswa.
- Kompetisi bisnis matching dan pitching.
 

Mata Kuliah Konversi

Bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan wirausaha merdeka ini akan dikonversi mata kuliah: kewirausahaan dan matakuliah core atau inti pada masing – masing program studi atau jurusan dari mahasiswa asal/pendaftar. 

Kriteria dan Syarat Wajib

1. Mahasiswa aktif dari program studi pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). 2. Mahasiswa yang terdaftar pada saat pelaksanaan program dengan kriteria:     a. minimal berada pada paling rendah semester 3 (tiga) untuk program pendidikan Vokasi (D2/D3/D4)     b. minimal berada pada paling rendah semester 5 (lima) untuk program S1     c. tidak dibatasi semester untuk program Pascasarjana (S2 dan S3) baik untuk Perguruan Tinggi Akademik maupun Vokasi. 3. Melengkapi administrasi dan berkas yang diperlukan sebagai berikut:     a. Surat Rekomendasi (Ketua Program Studi dan Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang akademik Untuk Mengikuti Program).     b. Surat Pernyataan Tidak Sedang Menempuh MBKM     c. Surat Izin Mengikuti Program     d. Surat Pernyataan Mahasiswa Peserta Program     e. Transkrip Nilai Sementara

Kriteria dan Syarat Tambahan Peserta

Dapat melampirkan dokumen sbb: KTP/KTM/Kartu vaksin dosis 2 (Pilih salah satu dokumen yang tersedia)